Blog Image

Blog

Mengatur Ruang Bermain Anak ala Mama Karmel

August 17, 2019
/
General

Anak-anak selalu identik dengan bermain yaa. Buibu #Sunkrispsquad coba tengok sebentar, ada berapa banyak mainan untuk si buah hati? Tak jarang para orang tua membelikan banyak mainan untuk menunjang kembang tumbuh anaknya secara optimal. Oleh karena itu, anak yang bermain membutuhkan ruang untuk bisa dengan leluasa mengekspresikan dirinya dan terhindar dari barang-barang yang tidak ramah anak. Lalu dimana ruang tersebut? Hmmm sepertinya buibu bisa membuat playroom atau Ruang Bermain, dengan memanfaatkan ruang/sudut rumah dan mengikuti prinsip Montessori berikut ya!

 

1. FREE OF CLUTTER

Saatingin membuat ruang bermain, pastikan ruang atau sudut yang akan digunakan bersih dari sampah (clutter). Sebagai contoh, surat-surat yang belum dibereskan, pakaian yang menumpuk dan barang-barang lainya. Selain membuat lingkungan nyaman untuk beraktivitas, hal ini juga menjamin benda-benda yang bernilai penting tidak diacak maupun digunakan oleh anak. Repot ya kalau barang penting dijadikan mainan sama buah hati, bisa-bisa ga ada ketika sedang dicari!

2. FREE OF HAZARD

Ini adalah salah satu yang paling tidak diinginkan oleh orang tua- buah hati terluka disaat sedang bereksplorasi. Oleh sebab itu, jauhkan semua yang berbahaya dan tidak ramah anak yaa seperti gunting, cutter, dan benda asing lainnya dari ruang bermain. Tutup juga  semua colokan dan sembunyikan kabel kabel agar anak yang sedang bermain tidak sampai tersandung. Jika keluarga memiliki meja dengan sudut tajam di ruang bermain, maka bisa diganti dengan meja yg bundar, atau tutup semua sudut tajam (penutup banyak dijual di marketplace). Hindari juga barang-barang kecil dan mudah pecah dari ruang bermain.


3. FREE OF DISTRACTION

Waktu bermain anak adalah momen emas dimana anak berekplorasi dan mengekspresikan dirinya. Kegiatan bermain ini membutuhkan fokus, jadi sebaiknya jauhkan TV dan Gadget agar waktu bermain anak tidak teralihkan saat di ruang bermain. Biarkan buah hati membangun kelekatan dengan orang tua ataupun berimajinasi di dunia kecilnya sendiri tanpa gangguan.


4. WITHIN REACH

Pastikan mainan diletakkan di tempat yang mudah dicapai oleh si buah hati ya, dan mudah juga untuk dikembalikan. Begitu juga dengan rak buku yang digunakan, sesuai dengan tinggi anak dan pilih rak yang dapat memuat buku dengan halaman judul menghadap ke depan. Anak biasanya tertarik melihat buku yang berwarna-warni. Selain itu, rak seperti ini juga memudahkan anak untuk membereskan bukunya sendiri.

Nah setelah persiapan siap, tinggal bagaimana untuk tata letak mainan anak secara baik, ajak si buah hati untuk turut serta membantu dalam menentukan dimana maianan tersebut diletakkan. Selain tahu apa yang diinginkan anak, kita sebagai orang tua pun dapat memahami cara berpikir si buah hati. Berikan arahan kepada anak jika dirasa si buah hati merasa bingung. Bantu jika perlu. Ruang bermain ini nantinya akan menjadi tempat favoritnya, juga orangtua karena akan lebih jauh bakat dan kegemaran sang anak.

 

Jadi, apakah #SunkrispSquad sudah membuat Ruang Bermain untuk si kecil?