Blog Image

Blog

BEBAS STRESS SELAMA BELAJAR DI RUMAH

November 23, 2020
/
General
BEBAS STRESS SELAMA BELAJAR DI RUMAH image

Pandemi COVID-19 mengubah aktivitas sehari-hari, termasuk sekolah. Anak-anak yang sebelumnya selalu belajar di sekolah, sekarang harus merasakan belajar dari rumah. Tidak sedikit orang tua yang canggung atau bahkan kesulitan dengan sang anak belajar dari rumah. Belum lagi dengan beberapa keterbatasan seperti proses pembelajaran, interaksi dengan teman sebaya menjadi sangat terbatas, atau pembagian waktu dengan aktivitas lainnya. Waduh, ko mengkhawatirkan yaaa, Sahabat Suni gitu juga? Tenang, UNICEF punya lima tips yang bisa Buibu lakukan untuk membantu si kecil terhindar dari stres.

1.Merencakan Rutinitas Bersama

Moms and Dads bisa melibatkan diri bersama anak untuk merencakan rutinitas belajar, seperti kapan mengerjakan tugas sekolah. Dengan merencanakan bersama, Buibu paham apakah ada kegiatan belajar yang perlu mendampingi anak, bagaimana durasi belajar anak, dan anak pun belajar disiplin. Untuk Sahabat Suni yang bekerja, tetap sempatkan menemani anak belajar ya. Jadi, sekalipun tidak setiap saat, anak tetap merasakan kehadiran orang tua.

 

2. Sering Berkomunikasi dengan Anak

Dorong anak untuk berani mengutarakan apa yang dirasakan, dengan sering berkomunikasi. Terkadang anak masih segan untuk bertanya atau sekadar berbincang santai. Buibu bisa memanfaatkan jeda istirahat belajar untuk berbincang singkat, sambil makan camilan sehat. Suasana yang dibangun akan santai dan ada keleluasaan anak untuk bercerita, layaknya dengan teman sendiri. Perlihatkan bahwa Buibu memberikan perhatian penuh mendengarkan setiap hal yang disampaikan oleh anak.

3. Beri Waktu Istirahat

Belajar dari rumah bukanlah yang sepenuhnya nyaman. Berjam-jam duduk berkonsentrasi menatap layer gadget membuat mata lelah. Ditambah minimnya interaksi dengan teman sebaya bisa meningkatkan stres. Oleh sebab itu, beri waktu istirahat dan semangati ketika anak sudah lelah. Jangan paksa anak untuk langsung mengerjakan tugas segera setelah jam belajar sekolah selesai. Sesuaikan durasi istirahat dengan rutinitas belajar. Anak akan belajar mengatur waktu dan mengenali staminanya.

4. Kenalkan Internet

Internet adalah alat utama yang dibutuhkan ketika belajar dari rumah. Beragam informasi beredar cepat dan dapat ditemukan melalui internet. Mengenalkan internet pada anak dapat menghindarkan anak dari kecanduan gadget, mengedukasi apa saja yang boleh diakses melalui internet sesuai dengan usia anak, dan menjaga privasi anak.

5. Berkomunikasi dengan pihak sekolah

Dengan berkomunikasi dengan sekolah Buibu lebih yakin bahwa jadwal kegiatan belajar mengajar yang diberikan oleh SD atau TK tidak mengalami perubahan mendadak. Sekalipun ada perubahan, Buibu dan anak dapat mempersiapkan diri dengan nyaman. Komunikasi juga merupakan bentuk pemantauan situasi dan kondisi belajar anak, serta dukungan kepada pihak sekolah.

Bermanfaat banget kaaan anjuran dari UNICEF ini. Kita coba aplikasikan sama-sama yuk Moms Dads. Mendidik anak kan memang  tugas utama kita sebagai orang tua, bukan hanya guru di sekolahnya saja. Semangattt !!!