Blog Image

Blog

Bayi Usia 10 Bulan Mulai Aktif Ya Bund

December 28, 2020
/
SUNKRISPS EDU
Bayi Usia 10 Bulan Mulai Aktif Ya Bund image

Pada usia 10 bulan, bayi mulai mahir menggunakan tangannya untuk memegang sesuatu dan menggunakan lututnya untuk merangkak. Dengan perkembangan bayi 10 bulan yang luar biasa, tentunya Sahabat Suni tetap perlu memberikan stimulasi agar tumbuh kembangnya semakin optimal. Stimulasi yang Sahabat Suni berikan pada si kecil bisa lewat permainan yang mudah dan menarik perhatiannya. Bermain bersama si kecil juga dapat mempererat ikatan orang tua dan anak.

Nah, berikut 3 ide permainan yang bisa Moms and Dads Sahabat Suni lakukan di rumah untuk mendukung perkembangan bayi 10 bulan:

1. Memukulkan benda

Sahabat Suni hanya perlu menyediakan 2 buah stik atau sendok, yang bahannya plastik yaaa supaya lebih aman. Lalu, contohkan si kecil untuk memukulkan kedua stik. Si kecil akan senang dengan suara yang dihasilkan, karena tidak hanya motorik yang sedang berkembang pesat tetapi juga indera pendengarannya. Sahabat Suni juga bisa mencontohkan memukul stik pada bantal. Permainan sederhana tersebut bermanfaat untuk melatih koordinasi tangan dan mata si kecil lho.

2. Sembunyikan mainan

Untuk permainan ini Sahabat Suni perlu menyiapkan mainan favorit si kecil dan sebuah selimut atau kain yang cukup lebar. Pertama, sembunyikan mainan si kecil di bawah selimut dan biarkan ia melihatnya. Alihkan perhatiannya sejenak dan  segera sembunyikan sebelum si kecil lihat. Ajak si kecil menebak dan belajar konsep "hilang" dan "ada". Permainan ini bisa melatih fokus si kecil.

3. Melewati rintangan

Permainan ini seru banget nih Sahabat Suni, tapi juga perlu perhatian ekstra. Susun beberapa bantal dan guling di kasur, lalu biarkan si kecil memanjat, merangkak, dan melewatinya. Perhatikan bagaimana si kecil meningkatkan kemampuan koordinasi tangan dan kakinya. Kalau si kecil kesulitan dibantu yaa hehehe.

Bagaimanapun, perkembangan setiap bayi 10 bulan tidak bisa disama-ratakan. Jadi, tetap semangat dan kreatif untuk mengajak si kecil bermain ya, Sahabat Suni. Dampingi si kecil saat mencoba permainan-permainan tersebut yaa. Bagaimana pun keselamatan si kecil nomer satu. Ya kan, ya kan, ya kaannn? :)

Sumber:

parents.com/baby/development/intellectual/enhance-cognitive-development-9-12-months/?slideId=49653