Blog Image

Blog

Cerdas dengan Gemar Membaca

January 25, 2021
/
SUNKRISPS EDU
Cerdas dengan Gemar Membaca image

Halo, Sahabat Suni! Membaca adalah jendela dunia!

Makin banyak membaca, makin banyak juga pengetahuan yang dimiliki. Fase perkembangan setiap anak memang berbeda, tidak ada salahnya merangsang sesuai dengan perkembangan masing-masing anak. Lalu, bagaimana dengan membaca? Usia normal seorang anak untuk mampu membaca sekitar usia 6 tahun, tapi untuk menumbuhkan minat baca bisa dibiasakan sejak dini lho. Sahabat Suni bisa membacakan buku cerita, memperlihatkan huruf dan angka, atau anak sekadar belajar membaca secara sederhana. Sesuaikan bahan bacaan dengan usia dan perkembangan anak. Ingat, tanpa paksaan yaaa.

Membaca memberikan banyak manfaat untuk perkembangan otak anak, karena kegiatan tersebut menstimulasi hubungan antara sel saraf dalam otak untuk menghantarkan informasi. Selain itu, membaca memberikan manfaat pada beberapa aspek seperti:

Kemampuan Berpikir

“Buku adalah jendela dunia” merupakan ungkapan yang tepat. Membaca membuat anak mampu memahami isi cerita, sehingga itu dapat melatih kemampuan berpikir dalam berbagai situasi.

Kemampuan Bahasa

Kemampuan bahasa merupakan salah satu dari empat aspek perkembangan anak. Membaca dapat memperluas kosakata dan tata bahasa yang baik, sehingga itu dapat membangun kemampuan komunikasi verbal dan tertulis anak.

Kreativitas

Membaca buku cerita yang disertai gambar dan aneka warna akan menstimulasi kreativitas dan imajinasi anak.

Sumber: klikdokter