Blog Image

Blog

Keliling Dunia di Awal Tahun dengan Makanan

January 6, 2021
/
Information
Keliling Dunia di Awal Tahun dengan Makanan image

Januari 2021 sudah berlalu satu minggu, tapi hawa liburan masih begitu terasa. Kakak Suni dan Suni juga nih, masih pengen jalan-jalan. Ibu Suni jadi harus cari ide apa ya yang masih nuansa tahun baru tapi bisa dirasakan dari rumah? Oh iya, Ibu Suni tau makanan khas tahun baru dari berbagai negara. Siapa tau, Kakak Suni dan Suni tertarik Ibu Suni buatkan. Sahabat Suni simak juga yuukkk.

1. Turki

Negara yang terletak di dua benua, yaitu Asia dan Eropa, merupakan salah satu penghasil buah delima (pomegranate) terbaik. Masyarakat Turki pun sangat menyukai buah delima. Buah Delima dianggap sebagai penanda kesuburan pertanian. Kandungan nutrisi buah delima baik lho untuk kesehatan, seperti tinggi serat, vitamin C, vitamin K, dan folat. Olahan buah delima yang menjadi khas makanan tahun baru dan oleh-oleh di Turki adalah Turkish Delight. Untuk membuatnya, Sahabat Suni perlu jus buah delima, kacang pistacio (bisa diganti dengan kacang mede atau almond), gula, air, dan perasan lemon. Resep selengkapnya bisa Sahabat Suni baca di sini.

2. Asia

Masyarakat Asia, terutama Asia Timur, menjadikan mie sebagai salah satu makanan khas tahun baru. Bentuk mie yang panjang merupakan simbol panjang umur dan rezeki, sehingga diharapkan tahun baru menjadi penambah panjang umur dan rezeki. Toshikoshi Soba adalah hidangan mie asal jepang. Mie disajikan dengan kuah kaldu ikan (dashi), tempura, fishcake, dan taburan daun bawang. Beberapa resep menggunakan mirin atau rice wine, tetapi Sahabat Suni bisa menggantinya dengan cuka. Wahhh, cocok sekali makanan hangat dengan cuaca yang sering hujan. Resep Toshikoshi Soba bisa Sahabat Suni lihat di sini.

3. Meksiko

Rosca de Reyes atau King Cake adalah masakan khas tahun baru asal Meksiko. Kue berbentuk cincin ini dipanggang dengan satu atau dua mainan kecil di dalamnya dan dihiasi dengan buah. Sahabat Suni bisa menentukan sendiri buah yang menjadi topping, seperti cherry, irisan jeruk, stawberry atau anggur. Menemukan mainan di potongan Rosca de Reyes dianggap sebagai penanda keberuntungan. Bisa jadi permainan tebak-tebakan siapa dapat hadiah tersembunyi bersama si kecil ya, Sahabat Suni. Klik di sini untuk melihat resep selengkapnya.

4. Italia

Masyarakat Italia memasak ikan sturgeon dengan kacang lentil untuk disantap bersama dengan keluarga di malam tahun baru. Ikan kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin B6, fosfor, magnesium, dan zinc; sedangkan kacang lentil kaya akan vitamin B6, zat besi, dan serat. Penuh nutrisi sekali ya hidangan satu ini. Sayangnya ikan sturgeon dan kacang lentil sulit ditemui di pasar atau supermarket di Indonesia. Sahabat Suni bisa mengganti ikan sturgeon dengan ikan kakap fillet atau ikan patin fillet, sedangkan kadang lentil bisa diganti dengan kacang merah atau kacang polong. Resep ikan sturgeon dan letil bisa Sahabat Suni lihat di sini.