Blog Image

Blog

Perlukah Asupan Vitamin dan Mineral untuk Si Kecil?

January 4, 2021
/
SUNKRISPS EDU
Perlukah Asupan Vitamin dan Mineral untuk Si Kecil? image

Orang dewasa mengonsumsi makanan mengandung beragam vitamin dan mineral untuk menguatkan tubuh. Seperti sayur dan buah. Kalau si kecil perlu kah mengonsumsi sayur dan buah sebagai sumber vitamin dan mineral?

Meskipun bayi dan anak-anak hanya membutuhkan lebih sedikit vitamin dan mineral dalam makanannya dibandingkan orang dewasa, vitamin dan mineral penting untuk banyak proses di dalam tubuh seperti:

  • Pertumbuhan
  • Pengembangan
  • Vit. B1: pelepasan energi dari makanan
  • Penggunaan energi oleh otot dan organ lainnya
  • Vit. C dan E: Perlindungan sel dan jaringan dari efek oksidatif radikal bebas

Vitamin dan mineral ternyata kecil-kecil cabe rawit ya, Sahabat Suni. Sayangnya, bagi sebagian bayi dan anak-anak tidak terlalu tertarik makan buah dan sayur. Ibu Suni punya saran! Salah satu cara untuk menarik perhatian si kecil makan sayur dan buah adalah dengan memberi mereka makanan sehari-hari yang terdiri dari berbagai warna pelangi - kuning, jingga (oranye) merah, hijau, dan ungu untuk sayuran dan buah, cokelat untuk daging dan/atau kacang-kacangan dan lentil.

Penting untuk memberi si kecil berbagai variasi rasa sejak dini agar mereka terbiasa mencoba hal-hal baru. Jika menyiapkan "semua warna pelangi" dalam sekali makan agak menyulitkan, Sahabat Suni bisa mencoba "satu warna pelangi sehari". Seperti yang Ibu Suni biasakan untuk Kakak Suni dan Suni berikut ini:
Senin Putih - sereal termasuk gandum, pati, kentang, tauge, lobak
Selasa Merah - tuna, salmon, semangka, tomat, paprika meran
Rabu Jingga - jeruk, pepaya, mangga, ubi jalar, wortel
Kamis Kuning - paprika kuning, labu, jagung, pisang, lemon
Jumat Hijau - zucchini, brokoli, kacang panjang, bayam, kale
Sabtu Ungu - anggur, plum, terung, ubi ungu
Minggu Coklat - daging, ayam, kacang polong atau kacang-kacangan

Sebagai selingan, Sahabat Suni bisa menyediakan camilan Sunkrisps seperti Unicorn Melts, Unicorn Drops, Rainbow Stick, Rainbow Puff, dan Unicorn Pudding. Banyak kan pilihannyaaaa. Si kecil pasti happy lihat warna-warni enaknya makanan bergizi :)

Sumber: Heinz Baby