Blog Image

Blog

Pokoknya Aku Ga Mau Makan!

January 19, 2021
/
SUNKRISPS EDU
Pokoknya Aku Ga Mau Makan! image

Si kecil makannya pintar ya bund, tapi kalau lagi susah duh ampun dehh. Dari yang menutup rapat mulut sampai menyemburkan makanan atau bahkan melepehkan kembali makanan yang sudah masuk ke dalam mulutnya. Wajar saja sebagai orang tua jadi khawatir ya Sahabat Suni. Padahal di usia ini, asupan nutrisi yang berimbang sangatlah penting bagi tumbuh kembang anak.

Penyebab GTM pada anak bermacam-macam, seprti bosan dengan menu makanannya, sedang sakit, tidak lapar, adanya trauma terhadap makanan tertentu maupun proses makan itu sendiri. Umumnya hal ini terjadi saat pemberian makanan pendamping ASI (MPASI). Pemberian makan yang benar harus memperhatikan beberapa hal seperti tepat waktu, porsi dan kualitas makanan, kebersihan penyiapan dan penyajian makanan serta harus sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Pemberian makanan sesuai tahapan perkembangan anak mencakup tekstur makanan dan perbandingan makanan padat serta cair.


Ibu Suni punya saran beberapa hal yang boleh dilakukan agar anak anti GTM:

  1. Atur jadwal makanan utama dan camilan yang teratur yaitu tiga kali makanan utama dan dua kali camilan di antaranya. Susu boleh diberikan dua - tiga kali sehari (500-600 ml/hari).
  2. Batasi juga waktu makan tidak boleh lebih dari 30 menit, agar si kecil tidak mengemut makanan.
  3. Biasakan makan bersama keluarga di meja makan. Jika tidak memungkinkan untuk makan bersama, sebaiknya tetap latih anak makan di meja makan dengan suasana yang menyenangkan.
  4. Dorong anak untuk makan sendiri. Kalau si kecil menunjukkan tanda tidak mau makan (menutup mulut, memalingkan kepala, menangis), tawarkan kembali makanan tanpa memaksa. Kalau setelah 10-15 menit anak tetap tidak mau makan akhiri proses makan. Hal tersebut melatih anak untuk mengenali rasa kenyang dan laparnya sendiri.

Hal yang sebaiknya dihindari:

  1. Jangan memaksa anak makan, apalagi sampai memarahinya.
  2. Jangan membiasakan anak makan sambil melakukan aktivitas lain seperti bermain, menonton televisi, berjalan-jalan atau naik sepeda.
  3. Cukup air putih di antara waktu makan dan/atau sesudah makan. Kalau Sahabat Suni ingin memberikan susu atau jus, beri jeda dulu yaa.
  4. Jangan menjadikan makanan sebagai hadiah.

Semangat Sahabat Suni! :)

Sumber:
Ikatan Dokter Anak Indonesia