Blog Image

Blog

Senam: Sehatkan Tubuhmu, Senangkan Hatimu

January 25, 2021
/
SUNKRISPS EDU
Senam: Sehatkan Tubuhmu, Senangkan Hatimu image

Satu, dua! Satu, dua! Hai Sahabat Suni, Ibu Suni lagi pemanasan untuk senam bersama Suni dan Kakak Suni nih. Berolahraga itu penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Bagi anak-anak, olahraga berarti bermain dan aktif secara fisik. Anak-anak berolahraga seperti sepak bola, saat mengendarai sepeda, atau bahkan saat bermain kejar-kejaran. Selain menikmati manfaat kesehatan dari olahraga teratur, anak yang bugar bisa tidur lebih nyenyak. Mereka juga lebih mampu menangani tantangan fisik dan emosional. Balita dan anak prasekolah harus bermain aktif beberapa kali sehari. Balita harus mendapatkan setidaknya 60 menit permainan aktif setiap hari dan anak prasekolah harus memiliki setidaknya 120 menit permainan aktif setiap hari.

Dengan senam, menggerakkan tubuh diiringi musik semakin terasa riang gembira. Senam dimulai dengan pemanasan, agar tubuh tidak kaku dan menghindari kram otot. Kemudian, gerakan dengan intensitas ringan, sedang, dan berat. Terakhir pendinginan untuk melemaskan otot-otot. Terarah sekali kan, Sahabat Suni? Untuk intensitasnya bisa Sahabat Suni sesuaikan dengan kemampuan motorik si kecil dan usianya. Kunci dari senam adalah membangun komunikasi Sahabat Suni sebagai yang mencotohkan gerakan, dengan anak sebagai yang menirukan gerakan senam. Kalau anak sudah mulai bosan, jangan dipaksa ya Sahabat Suni. Sebaliknya, latih anak untuk disiplin dan merasa butuh berolahraga.

Selamat bersenam ria, Sahabat Suni!

Sumber: Kids Health