Blog Image

Blog

Tahun Baru, Resolusi Baru

January 1, 2021
Tahun Baru, Resolusi Baru image

Selamat Tahun Baru 2021!!!!!

Resolusi identik diperbaharui saat tahun baru. Pas banget kan, Sahabat Suni? Bukan cuma orang dewasa yang bisa membuat resolusi tahun baru. Anak-anak juga bisa membuat resolusi tahun barunya sendiri. 
 
Christine Carter, Ph.D., penulis Raising Happiness: 10 Simple Steps for More Joyful Kids and Happier Parents, mengatakan bahwa memasuki usia 7 tahun, anak-anak berada pada tahapan yang ideal untuk belajar membuat target pencapaian atau bisa dibilang resolusi. Pada usia tersebut, anak-anak sudah cukup besar dan memiliki kesadaran untuk membuat tujuannya sendiri serta bagaimana menjadi versi terbaik menurut mereka.  
 
Namun, kehadiran Sahabat Suni mendampingin dan membimbing pada anak-anak saat membuat resolusi tetap diperlukan yaa. Sahabat Suni bisa memulai dengan menjelaskan pengertian resolusi dan memberikan contoh yang telah Sahabat Suni lakukan. 
Ibu Suni punya beberapa ide yang bisa Sahabat Suni lakukan bersama si kecil untuk membuat resolusi tahun baru:  
 
1. Belajar Hal Baru 
Ajak si kecil untuk berdiskusi hal baru apa yang ia ingin coba pelajari. Misal, memainkan piano, menari tradisional, atau berlatih basket. Komunikasi dua arah sangat penting, supaya si kecil merasa didukung oleh Sahabat Suni dan Sahabat Suni juga bisa tau nih bentuk pendampingan seperti apa yang dibutuhkan si kecil.
 
2. Mengembangkan Kemampuan yang Sudah Ada 
Ide yang satu ini berkaitan dengan kemampuan yang dipelajari si kecil, jadi tinggal memoles mengembangkan agar anak semakin mahir. Misal, ketika anak sudah bisa bersepeda, Sahabat Suni bisa menantang si kecil mengayuh sepeda di tanjakan dan turunan, di jalan yang berliku, juga ketertiban saat bersepeda. Di bidang akademik, apabila si kecil sudah bisa menulis huruf dan kata, saatnya kini ia belajar menulis cerita. 
 
3. Lebih Banyak Aktivitas Fisik 
Aktivitas fisik adalah hal yang penting untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Sahabat Suni bisa memberikan ide beraktivitas fisik ke dalam resolusi anak. Tidak harus dengan berolahraga secara serius ko, aktivitas seperti lempar tangkap bola di halaman rumah, berjalan-jalan keliling perumahan, atau bersepeda bersama Sahabat Suni termasuk aktivitas fisik. Aktivitas tersebut bisa Sahabat Suni dan si kecil lakukan tiap akhir pekan, atau sore hari 2 kali dalam seminggu. Dengan menjadikan aktivitas fisik sebagai rutinitas, anak akan belajar pentingnya mengolah-raga dan menjadi terbiasa.
 
4. Makan Sehat 
Ajak anak mencoba berkomitmen untuk konsisten makan makanan sehat seperti sayur dan buah yang sudah disediakan. Untuk selingan, Sahabat Suni bisa menyediakan produk Sunkrisps di rumah. Sebagai bentuk pengkondisian, Sahabat Suni perlu nih mencontohkan dengan mengurangi snack yang mengandung terlalu banyak gula atau garam serta konsumsi makanan instan dan cepat saji. Bagaimanapun sumber belajar anak yang utama adalah dari orang tuanya. Ibu Suni yakin, Sahabat Suni adalah panutan dan teladan si kecil :)
 
5. Bertanggung Jawab Terhadap Wilayah Pribadi 
Resolusi berikut sekaligus membiasakan anak untuk menjadi disiplin. Sahabat Suni bisa menjelaskan mana saja wilayah pribadi si kecil dan berikan tanggung jawab sedikit demi sedikit. Contoh, kamar tidur atau tempat bermainnya. Tanggung jawab yang Sahabat Suni berikan bisa dimulai dari merapikan tempat tidur sendiri saat bangun tidur. Apresiasi setiap kali anak melakukan dan ingatkan ketika ia lupa. Jangan intervensi dengan megambil alih tanggung jawabnya, hal tersebut dapat membuat anak merasa tidak dipercaya.
 
6. Menabung 
Tidak hanya orang dewasa yang punya resolusi keuangan. Anak-anak juga bisa, malah penting diajarkan sedini mungkin. Sahabat Suni bisa menghadiahkan celengan di tahun baru ini dan bantu si kecil memutuskan berapa jumlah yang harus ia tabung dalam sehari atau seminggu. Anak akan belajar menghargai uang dan bagaimana hasil celengan tersebut dipergunakan. Dengan demikian, pola pikir hemat dan mengelola keuangan yang dimiliki akan lebih tertanam.

Menarik untuk dicoba kan? Mumpung masih 1 Januari 2021, yuk buat yuuukkkk :)

Sumber: https://www.parenting.co.id/usia-sekolah/8-ide-resolusi-tahun-baru-untuk-anak-anak