Blog Image

Blog

INI DIA 5 REKOMENDASI MAINAN EDUKATIF UNTUK SI KECIL!

February 10, 2021
/
Information
INI DIA 5 REKOMENDASI MAINAN EDUKATIF UNTUK SI KECIL! image

Moms, ada banyak cara loh untuk menstimulasi perkembangan daya pikir dan kreativitas si kecil. Salah satunya adalah dengan memberikan mainan yang sifatnya edukatif. Karena perkembangan serebrum yang mengendalikan pola pikir dan emosi anak, telah mencapai tahap 80% pada anak berusia sekitar 4 tahun. Lalu, mencapai tahap 90% saat usia anak sekitar 6 tahun. Sehingga penting untuk kita sebagai orang tua menstimulasi perkembangan fisik, motorik kasar dan halus, keberanian, kognitif (kemampuan berpikir) dan juga psikososial, mereka nih lewat kegiatan sehari-hari, salah satunya lewat permainan.

 

Sebenarnya ada banyak sekali pilihan mainan edukatif untuk si kecil, oleh karena itu Sunkrisps rangkum 5 mainan edukatif yang bisa bermanfaat jadi teman belajar mereka.

 

  1. Puzzle

Puzzle memiliki beragam tema dan topik, seperti huruf alfabet, bentuk, sayuran, angka, hewan peliharaan, transportasi, dan lain sebagainya. Lewat permainan puzzle ini kemampuan kognitif anak dapat terlatih karena meningkatkan kesadaran spasial visual anak dan mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang berbagai tema dan topik tersebut. 

Selain itu bahkan puzzle yang paling sederhana pun juga dapat melatih kemampuan anak dalam memecahkan sebuah masalah. Proses seperti ini sangat bagus karena melibatkan keterampilan bernalar, dan mengembangkan solusi yang nantinya dapat terus berkembang dalam kehidupan pribadi anak hingga dewasa. 

 

 

  1. Stiker Mozaik

Mainan edukatif berupa stiker mosaik dapat menjadi pilihan untuk mengenalkan warna dan gambar dengan cara menempelkan stiker warna-warni sesuai dengan angka dalam buku petunjuk. 

Permainan stiker mosaik ini juga dapat mengasah kemampuan berpikir anak karena selama proses bermain, si kecil akan berusaha untuk menempelkan warna stiker sesuai dengan kerangka gambarnya. 

 

 

  1. Permainan Blok

Sebuah studi menunjukkan bahwa permainan blok, yang biasanya terbuat dari kayu, atau plastik seperti lego ini merupakan mainan yang edukatif. Hal tersebut karena dapat membantu anak-anak dalam mengembangkan keterampilan motorik, koordinasi antara tangan dengan mata, dan kognitif.

Selain itu, permainan blok juga dapat mengasah kemampuan bahasa, kapasitas untuk kreatif, pemikiran yang berbeda, kompetensi sosial, dan keterampilan teknik juga loh.

 

 

  1. Pasir Kinetik

Pasir kinetik adalah zat seperti pasir yang mudah dibentuk, tetapi juga dapat mengalir bebas. Pasir kinetik memiliki sifat seperti pasir basah pantai, tetapi tidak terlalu basah atau berair, tidak lengket, lembut, dan tidak mengembang.

Pasir kinetik ini akan membantu si Kecil dalam membantu mengembangkan keterampilan motorik halus lewat cara meremas atau menghancurkan pasir kinetik untuk memperkuat kemampuan tangan anak. Kita juga bisa mengarahkan mereka untuk mengambil atau memotong pasir kinetik agar kemampuan menggenggam dan memotong dengan alat seperti sendok, sendok es krim, atau pisau mainan terlatih. 

Selain itu, pasir kinetik adalah bahan sensorik sempurna bagi anak-anak yang memiliki keinginan untuk menyentuh sesuatu secara terus menerus, karena mainan edukatif ini dapat menciptakan sensasi baru bagi indera peraba sang buah hati. 

 

 

  1. Permainan Kartu

Permainan kartu, contohnya seperti yang ada di Paket Buumi - Flash Card, berisi kartu-kartu bergambar dan dilengkapi kata-kata juga dapat menjadi mainan edukatif yang bisa pilih. Selain menarik, permainan kartu ini juga dapat meningkatkan perkembangan kognitif, meningkatkan kesadaran dunia di sekitar anak, meningkatkan keterampilan motorik halus, dan merangsang kemampuan berpikir sendiri. 

Namun, buatlah waktu bermain dan belajar ini lebih efektif dengan cara membangun percakapan yang seru antara Moms dan si kecil ya agar ia merasa tidak cepat bosan.

 

Nah itu tadi 5 rekomendasi permainan edukatif yang seru. Kira-kira Sahabat Suni sudah punya yang mana saja nih?