Blog Image

Blog

CARI TAHU CARA MEMENUHI KEBUTUHAN NUTRISI ANAK SAAT MASA PANDEMI

February 12, 2021
/
SUNKRISPS EDU
CARI TAHU CARA MEMENUHI KEBUTUHAN NUTRISI ANAK SAAT MASA PANDEMI image

Saat pandemi gini memang saat yang membingungkan ya Moms, sama halnya dengan memberi nutrisi yang pas untuk Si Kecil saat #DiRumahAja. Karena terkadang nutrisinya jadi kurang seimbang nih gara-gara terlalu banyak cemilannya.

 

Nah kita cari tahu lebih lanjut yuk langsung dari ahlinya! 

Menurut Dokter Spesialis Anak Dina Muktiarti, kebutuhan nutrisi anak di masa pandemi harus tetap tercukupi dengan baik agar mencapai kondisi optimal yang diharapkan. Pemenuhan nutrisi anak berupa makanan pokok yang bervariasi, lauk pauk yang mengandung protein tinggi, sayuran, dan juga buah harus diperhatikan. Jangan sampai ada yang lebih banyak dibanding bahan makanan lainnya. Beliau juga mengingatkan bahwa konsumsi sayuran dan buah-buahan bagi balita adalah 300-400 gram per orang per hari. Selain itu, ada pesan khusus untuk anak 2-5 tahun bahwa Si Kecil harus dibiasakan makan tiga kali sehari yakni pagi, siang, dan malam bersama keluarga agar terciptanya rutinitas dan juga bonding time yang berkualitas. Membatasi konsumsi makanan selingan yang terlalu manis, asin, dan berlemak dan membiasakan minum air putih sesuai kebutuhan juga tak kalah penting. 

 

Selain menjaga asupan nutrisi yang baik untuk tubuh, kegiatan fisik seperti bermain bersama dan melakukan aktivitas fisik ringan setiap hari juga penting untuk perkembangannya. Menurut dr. Dina hal ini dapat turut menjaga daya tahan tubuh anak di masa pandemi untuk tetap fit dan sehat. 

 

Jadi begitu Moms & Dads, menurut pendapat dr. Dina untuk pengaturan kebutuhan nutrisi anak di masa pandemi. Tapi jangan lupa ya bahwa tiap anak di setiap jenjang usia juga memiliki kebutuhan yang berbeda-beda pula. Maka dari itu orang tua harus mengetahui kebutuhan nutrisi dan vitamin anaknya dengan baik.

 

Sumber: www.republika.co.id