Blog Image

Blog

GOCHUJANG & GOCHUGARU: BUMBU DASAR KOREA YANG WAJIB SAHABAT SUNI TAHU!

February 25, 2021
/
Information
GOCHUJANG & GOCHUGARU: BUMBU DASAR KOREA YANG WAJIB SAHABAT SUNI TAHU! image

Hayoo ngaku siapa Sahabat Suni disini yang suka banget makan masakan Korea??? Hihihi toss!! Sama dong kayak Ibu Suni!

Eh tapi Sahabat Suni pasti pada sadar kan kalau hampir semua masakannya didominasi oleh warna kemerahan? Ya, warna merah ini memang dihasilkan dari pasta cabai yang disebut gochujang.

Memiliki rasa pedas yang khas, gochujang memang kerap digunakan sebagai bumbu utama pada hampir semua makanan Korea. Bibimbab, Kimchi, Sundubu Jjigae adalah contoh makanan Korea yang menggunakan bumbu dasar ini. Tidak seperti masakan pedas ala Indonesia yang bisa membuat kita berkeringat ketika makan, pasta cabai dari Korea ini memiliki rasa pedas dan asin sehingga masakan menjadi lebih gurih. Gochujang ini terbuat dari hasil fermentasi kacang kedelai, gochugaru, bubuk beras ketan dan garam selama bertahun-tahun. Tak hanya dicampur ke dalam makanan, gochujang juga sering dijadikan sebagai condiment atau saus dari sebuah makanan oleh orang Korea loh!

Eits.. bentar, kalau Gochugaru itu apa Ibu Suni?

Nahh.. Bentuk gochugaru tentu saja berbeda dengan gochujang. Sebelum menjadi gochugaru, cabai yang merupakan bahan utama bumbu ini melewati proses pengeringan, kemudian dihaluskan hingga menjadi bubuk. Gochugaru alias bubuk cabai ini kemudian menjadi salah satu bahan utama pembuatan gochujang. Sama seperti gochujang, gochugaru ini tidak terasa begitu pedas kok!

Gimana, Sahabat Suni sudah paham perbedaan kedua bumbu masakan Korea tersebut? Kalau penasaran menikmati rasa pedas khas Korea, Sahabat Suni bisa membeli gochugaru dan gochujang secara daring, loh. Eh, tapi kalau ingin menguji kemampuan masak Sahabat Suni, bikin sendiri juga bisa, kok. Selamat mencoba!