Blog Image

Blog

PARMESAN, CHEDDAR, MOZZARELLA: PANGAN SEHAT PILIHAN BAGI KESEHATAN

February 28, 2021
/
Information
PARMESAN, CHEDDAR, MOZZARELLA: PANGAN SEHAT PILIHAN BAGI KESEHATAN image

Sahabat Suni, siapa disini yang setuju kalau rasa keju yang gurih dan enak membuat bahan pangan yang satu ini jadi favorit semua orang?

Karena enak, keju juga bisa diolah menjadi beragam jenis masakan. Namun, keju sudah dikenal sebagai sumber lemak, kalori, kolesterol, dan sodium. Padahal jika dikonsumsi secara bijak, keju baik untuk kesehatan dan kaya akan nutrisi penting seperti protein dan kalsium. Nah, karena banyak jenis macam keju dengan manfaat yang berbeda-beda dan nutrisi yang beragam, maka Sahabat Suni harus pintar-pintar nih untuk memilih jenis keju yang sehat. Karena tubuh dan kebutuhan gizi setiap orang juga berbeda-beda.

1. Keju cedar (cheddar)

Jenis keju cedar ini yang paling mudah ditemui di Indonesia. Biasanya keju dari susu sapi ini dijual dalam bentuk balok yang agak beku atau lembaran. Keju cedar telah melalui proses fermentasi. Jadi, kandungan kalsium dari 100 gram keju cedar cukup tinggi, yaitu 72% dari kebutuhan kalsium harian Sahabat Suni. Namun, hati-hati karena kandungan lemak jenuh dari 100 gram keju cedar adalah 33 gram atau 51% dari kebutuhan lemak harian Sahabat Suni. Kadar kolesterol dalam takaran keju yang sama yaitu 35% dari kebutuhan harian. Dari 100 gram keju cedar, Sahabat Suni akan mendapatkan 451 kalori dan 24 gram protein. Untuk kandungan sodium, keju ini mencapai 27% dari kebutuhan harian.

Maka, Sahabat Suni yang punya penyakit jantung, stroke, atau obesitas sebaiknya membatasi konsumsi keju cedar. Sementara, cedar adalah keju yang sehat untuk Si Kecil yang lagi dalam masa pertumbuhan. Kalsium yang tinggi bisa membantu pembentukan tulang yang kuat.

2. Keju parmesan

Keju yang biasanya disajikan dalam bentuk bubuk ini ternyata mengandung kalsium yang paling tinggi loh dibandingkan jenis keju lainnya! Dalam setiap 100 gram keju parmesan, Sahabat Suni bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian yaitu 125% kalsium, 42% lemak, 24% kolesterol, 74% sodium, 415 kalori, dan 38 gram protein. 

Kadar lemak, kolesterol, dan kalori parmesan memang lebih rendah dari cedar. Namun, Sahabat Suni yang punya tekanan darah tinggi atau penyakit ginjal sebaiknya tidak mengonsumsi keju parmesan terlalu banyak. Masalahnya, kadar sodium yang sangat tinggi berisiko menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

3. Keju mozzarella

Sahabat Suni mungkin sering mengonsumsi keju mozarella yang sudah dilelehkan, misalnya pada pizza atau mozzarella sticks. Setiap 100 gram keju yang terbuat dari susu sapi ini bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian Sahabat Suni sebanyak 57% kalsium, 38% lemak, 30% kolesterol, 18% sodium, 318 kalori, dan 22 gram protein. 

Dibandingkan keju cedar dan parmesan, Sahabat Suni yang menghindari asupan lemak dan kalori berlebihan bisa memilih keju mozzarella dalam takaran yang wajar. Penderita hipertensi atau penyakit ginjal juga tak perlu khawatir karena sodium dalam keju ini sangatlah rendah. Namun, kadar kalsium dan mineral mozzarella memang tidak setinggi kedua keju tersebut.