Blog Image

Blog

YUK KENALI RAGAM TEKSTUR MPASI SESUAI UMUR SI KECIL!

February 22, 2021
/
SUNKRISPS EDU
YUK KENALI RAGAM TEKSTUR MPASI SESUAI UMUR SI KECIL! image

Buat para Moms yang saat ini usia anaknya mendekati 6 bulan, pasti lagi cari-cari informasi untuk persiapan MPASI Si Kecil. Karena bayi usia 6 bulan mulai membutuhkan nutrisi lain di luar ASI, sehingga memberikan MPASI ini tidak bisa asal Moms, ada beberapa aturan yang harus perhatikan. Nah, salah satu hal yang penting adalah tekstur makanan, jadi jangan sampai telat mengenalkan tekstur makanan sesuai umur mereka ya Moms.

 

Seiring bertambahnya usia dan kemampuan bayi dalam mengunyah dan mendorong makanan masuk, tekstur makanan yang akan dipilih pun tentu akan berubah. Hal ini penting untuk menstimulasi perkembangan oromotor atau keterampilan makan Si Kecil sejak dini, karena gerakan mengunyah makanan pun pada akhirnya dapat membantu menstimulasi kemampuan berbicara. Simak yuk ragam tekstur MPASI sesuai rentang usia berikut ini!

 

Usia 6 bulan 

Sebaiknya untuk pengalaman pertama memberikan MPASI, makanan harus matang dan dihaluskan sehingga berbentuk puree agar bayi lebih mudah untuk menelan.

 

Usia 7-8 bulan

Makanan dengan tekstur yang lebih padat seperti misalnya tekstur Unicorn Puddingnya Sunkrisps atau bisa juga makanan padat yang ditumbuk mulai boleh diperkenalkan pada bayi.

Usia 9-12 bulan

Moms sudah bisa meningkatkan lagi tekstur makanan menjadi ke yang lebih padat, contohnya nasi tim dan irisan pepaya.

 

Usia diatas 12 bulan

Yayy, Si Kecil sudah mulai bisa memakan makanan keluarga, jadi menunya lebih beragam. Moms dapat memberikan cemilan yang bisa digenggam, tapi pilih yang kaya nutrisi ya, misalnya seperti Sunkrisps Rainbow Stick.

 

Itu dia ragam tekstur yang bisa diperkenalkan kepada Si Kecil sesuai jenjang umurnya. Semoga bisa menambah informasi buat Moms yang sedang mempersiapkan MPASI ya!