Blog Image

Blog

#REKOMENDASIBUSUNI FILM PERAYAAN HARI PEREMPUAN INTERNASIONAL

March 8, 2021
/
Information
#REKOMENDASIBUSUNI FILM PERAYAAN HARI PEREMPUAN INTERNASIONAL image

Moms, tanggal 8 Maret ini biasa diperingat sebagai International Women's Day atau Hari Perempuan Internasional. Nah, biasanya nih hari ini jadi ajang banyak orang untuk menyampaikan aspirasinya dengan berbagai macam kegiatan, dari mulai turun ke jalan, menulis pesan di sosial media, bahkan dengan menonton film yang berhubungan dengan perempuan.


Berhubunga kita semua lagi menghindari mobilitas, Ibu Suni disini mau kasih rekomendasi 5 film yang bertemakan perempuan maupun pemberdayaan perempuan! Kira-kira filmnya apa saja sih Bu Suni? Kita langsung simak aja yuuk..

1. Self Made: Inspired by the Life of Madam C.J. Walker (2020)

Miniseri dari Netflix ini berkisah tentang kisah nyata dari Madam C.J. Walker, pengusaha perempuan dan aktivis sosial. Bernama asli Sarah Breedlove, Madam C.J. Walker merupakan pendiri brand kecantikan yang sama dengan namanya. Sebagai perempuan kulit hitam, Madam C.J. Walker berjuang untuk keluar dari belenggu rasisme dan dengan penuh percaya diri menunjukkan kemampuannya sebagai pebisnis. Meski banyak investor yang menolak mendukung usahanya, ia tak pernah menyerah.  Usaha kerasnya tersebut membuatnya menjadi jutawan perempuan Amerika pertama yang masuk dalam Guinness Book of Records karena berhasil meraih keuntungan pribadi dengan nilai lebih dari 1 juta dolar AS. Selain itu, ia juga merupakan perempuan Afrika-Amerika pertama yang menjadi jutawan. Lewat miniseri ini, kamu akan dibuat bersemangat dan belajar dari kegigihan Madam C.J. Walker yang tak pernah menyerah demi keberhasilan bisnisnya.

2. Little Women (2019)

Kisah dalam film Little Women diangkat berdasarkan novel klasik dengan judul yang sama karya Louisa May Alcott. Film ini bercerita bercerita tentang kehidupan March bersaudara di New England tahun 1860-an setelah Perang Saudara Amerika Serikat. March bersaudara terdiri dari Meg, Jo, Amy, dan Beth. Film Little Women mengisahkan masa muda mereka, yang masing-masing bertekad untuk menjalani kehidupannya sendiri. Setiap karakter mempunyai perjuangan yang berbeda. Jo berusaha untuk menjadi penulis perempuan terkenal, Meg bertekad untuk keluar dari kemiskinan, Beth terus berusaha menyenangkan orang lain, dan Amy yang menjadi seniman dan punya cara tak biasa supaya bisa mengambil perhatian orang lain. Film ini menyajikan konflik dalam kehidupan March bersaudara dengan alur maju mundur yang menghibur dan empowering.

3.Search: WWW (2019)

Serial Search: WWW mengisahkan tentang tiga perempuan tangguh yang bekerja dan bersaing di dua perusahaan web portal ternama. Mereka adalah Bae Ta Mi (Im Soo Jung), Scarlett (Lee Da Hee), dan Song Ga Kyung (Jeon Hye Jin). Tak hanya fokus dengan kesibukan mereka, drama Korea ini juga membahas kisah cinta dan kehidupan pribadi mereka. Diperankan oleh Jang Ki Yong, Lee Jae Wook, dan Ji Seung Hyun, Search: WWW mengajarkan bagaimana perempuan juga bisa sukses jika mereka tak dihadapkan pada seksisme atau diskriminasi gender di tempat kerja. Selain itu, kisah cinta dalam serial ini juga menunjukkan bahwa perempuan boleh memiliki pendapat berbeda terkait pernikahan.

4. Kartini (2017)

Film Kartini karya sutradara Hanung Bramantyo ini mengisahkan perjuangan Kartini sebagai pelopor kesetaraan bagi perempuan Indonesia. Tak hanya fokus pada Kartini, film ini juga mengisahkan sedikit cerita adik-adik Kartini, Roekmini dan Kardinah.Selain itu, film ini juga menggambarkan perjalanan penuh emosi dari sosok Kartini dalam perjuangannya melawan tradisi keluarganya sendiri. Hal tersebut dilakukan Kartini tak lain untuk menghadirkan kesetaraan bagi semua perempuan Indonesia.Film ini cocok untuk ditonton saat International Women's Day sebagai bentuk pengingat semangat perjuangan perempuan Indonesia untuk bisa lebih setara dan maju.

5. Imperfect (2019)

Film 'Imperfect' bercerita tentang seorang perempuan bernama Rara (Jessica Mila). Dia terlahir dengan tubuh yang gemuk, kulit sawo matang, dan rambut keriting mengembang. Sejak kecil, dia selalu di-bully oleh lingkungan sekitarnya. Bahkan ibunya (Karina Suwandi), selalu membandingkan penampilan Rara dengan Lulu (Yasmin Napper), adik Rara yang cantik dan langsing. Setelah dewasa, Rara kembali mendapat masalah dengan penampilan ketika memasuki dunia kerja. Dia mendapat kesempatan untuk naik jabatan, namun dengan syarat harus mengubah penampilan. Rara selalu mendapat dukungan dari kekasihnya, Dika (Reza Rahadian) yang selalu mencintai dan menerima Rara apa adanya. Meski begitu, Rara merasa tertekan karena lingkungan di sekitarnya banyak yang tidak mendukung dan terus mengkritik dirinya. Ia pun memutuskan untuk diet dan mengubah penampilan, sayangnya perubahan tubuh Rara justru membuatnya kehilangan jati diri.

Nah gimana nih Sahabat Suni, kira-kira kamu tertarik nonton film yang mana untuk merayakan International Women's Day tahun ini? 
Sumber: KumparanWoman