Blog Image

Blog

KENALAN YUK SAMA MANFAAT DAUN SINGKONG INI!

March 21, 2021
/
SUNKRISPS EDU
KENALAN YUK SAMA MANFAAT DAUN SINGKONG INI! image

Barisan Teman Suni udah pada kenalan belum nih sama manfaat daun singkong? Menurut Badan PBB yang menangani masalah pangan dan pertanian, singkong, atau yang biasa disebut Manihot Esculenta Crantz, merupakan sumber kalori nomor tiga terpenting setelah padi dan jagung, terutama di daerah tropis seperti di Asia, Afrika dan dan daerah Amerika Latin. Di Indonesia sendiri, Singkong menjadi makanan yang dan biasanya, dimanfaatkan bagian umbi dan daunnya untuk dijadikan berbagai aneka makanan lezat. Termasuk Sungkrisps yang menggunakan inovasi terkini dan mengolah daun singkong sebagai salah satu bahan utama dari cemilan Ka Le Noi nih! Ternyata daun singkong ini memiliki banyak nutrisi dan manfaat lho! Kita kenali dulu yuk manfaatnya satu persatu.

  1. Sumber Antioksidan

Daun singkong menjadi salah satu sumber antioksidan yang sangat baik dalam mencegah serta membuang zat-zat radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Radikal bebas sendiri menjadi salah satu penyebab berbagai penyakit-penyakit berbahaya seperti kanker dan penyakit berbahaya lainnya.

 

  1. Sumber Tenaga

Kandungan berbagai macam protein atau asam amino esensial yang terdapat pada daun singkong adalah sumber tenaga atau energi yang bermanfaat untuk manusia. Zat asam amino esensial ini membantu mengubah karbohidrat menjadi energi yang akan digunakan tubuh dalam beraktivitas. Jadi daun singkong sangat baik juga dikonsumsi si Kecil yang lagi banyak aktivitasnya nih Mom!

 

  1. Sumber Asam Amino

Asam amino esensial yang terdapat dalam daun singkong juga merupakan salah satu sumber penting dalam menjaga dan meregenerasi sel dalam tubuh manusia. Asam amino merupakan protein yang dapat membantu dalam menumbuhkan sel yang rusak serta memberikan perbaikan terhadap sel dalam tubuh agar tetap berfungsi normal. Terlebih, daun singkong juga kaya akan asam amino lisin yang membantu melawan penyakit kwashiorkor. Apaan sih penyakit kwashiorkor itu Ibu Sun? Kwashiorkor merupakan penyakit yang disebabkan karena kekurangan protein dimana kondisi ini bisa menghambat pertumbuhan anak.

  1. Baik untuk Pencernaan

Mom pasti sudah tahu ya bahwa serat sayuran sangat baik untuk proses pencernaan sehingga dapat membantu menyehatkan usus besar Mom dan si Kecil. Daun singkong ini mengandung banyak serat yang dibutuhkan oleh manusia, jadi jika Mom mengonsumsi daun singkong, pencernaan dalam tubuh menjadi semakin baik. Menurut penelitian, daun singkong ini juga bisa berfungsi untuk mengatasi masalah pencernaan seperti diare loh Mom!

Wah, enggak sangka ya ternyata manfaat daun singkong banyak sekali! Mulai sekarang yuk kita masukkan daun singkong dalam menu harian Mom dan keluarga untuk menikmati berbagi manfaatnya yang luar biasa.