Blog Image

Blog

RASAKAN 4 MANFAAT INI SAAT MEMBACAKAN DONGENG UNTUK SI KECIL

March 19, 2021
/
SUNKRISPS EDU
RASAKAN 4 MANFAAT INI SAAT MEMBACAKAN DONGENG UNTUK SI KECIL image

Mom, seberapa sering sih Mom membacakan dongeng untuk Si Kecil? Pernah terbayang nggak kira-kira manfaat apa aja yang bisa timbul jika kita mulai membiasakan mendongeng atau story telling kepada Si Kecil sejak dini?

Ternyata, menurut sebuah penelitian di National Institute of Child Health and Human Development, AS, yang dipimpin oleh G. Reid Lyon, Ph.D., mengatakan jika mendongeng kepada anak sebelum tidur bisa memicu peningkatan perkembangan otak loh.

Eh tapi sebenarnya story telling itu ngapain sih? Apa berbeda dengan story reading? 

Story telling adalah penyampaian pesan atau cerita secara naratif, berdasarkan urutan pada kejadian tertentu. Bisa juga cerita tentang kisah hidup dan kejadian secara lisan. Mom bisa menggunakan berbagai media dalam melakukan storytelling, bisa dari video, bisa dari buku, menggunakan boneka, dll. Dalam kegiatan storytelling, Mom juga bisa berimprovisasi dan mendorong anak berpikir lebih kreatif dengan menggunakan gerakan, suara, dan alat peraga.

Sedangkan kalau story reading merupakan kegiatan membacakan cerita dari sebuah buku dengan suara keras. Sehingga dalam story reading, Mom berpatokan pada buku yang dibaca. Dalam kegiatan story reading, anak didorong untuk memahami isi cerita dan mengambil makna dari cerita tersebut.

Oke, terus manfaatnya apa aja nih kalau kita sering membiasakan story telling pada Si Kecil? Kita simak yuk Mom..

  1. Kecerdasan emosional anak

Ketika melakukan storytelling untuk anak, ikatan emosional antara orang tua dan anak akan mudah terbangun, sehingga dapat memperkuat kecerdasan emosional anak. Ketika Mom menyampaikan sebuah storytelling untuk anak, pada saat itu aktivitas emosional otak anak akan memproses “olah rasa”. Sehingga, pesan dan nilai moral yang Mom ceritakan akan melatih rasa empati anak. Pada akhirnya anak dapat memahami dan mengenal emosi pada dirinya dan orang lain.

  1. Kelancaran bahasa anak

Kemampuan bahasa dapat berupa kecakapan berbicara ataupun pendalaman suatu bahasa. Story telling akan melatih anak untuk mendengar, menyimak, menyimpulkan sebuah cerita, mengenali perbedaan kata dan mengingat kata, yang membuat anak menjadi bertanya ketika mereka kurang paham isi cerita. Dari mendengar, anak belajar kosa kata baru. Lalu, dari menyimak dan menyimpulkan, Si Kecil belajar berkomunikasi. Alhasil, dapat melatih mereka jadi pintar ngomong deh! Apalagi jika storytelling disampaikan dalam bahasa asing. Tentu dapat meningkatkan kreativitas dan kecerdasan anak, sekaligus menambah kemampuan bahasa asingnya sejak dini. Dengan story telling, Si Kecil pun jadi lebih semangat dan memiliki pengalaman belajar bahasa yang menyenangkan.

  1. Kreativitas anak

Ketika Si Kecil mendengar sebuah cerita secara antusias, dia akan berimajinasi tentang jalannya cerita tersebut. Misalnya, penggambaran karakter, latar, dan konflik yang terjadi. Dengan menanamkan berbagai ide, anak akan menjadi lebih kreatif. Kreativitas anak sangat diperlukan, harus dikembangkan sejak usia dini, serta membutuhkan stimulasi dari orang tua. Seperti rutin bercerita kepada anak, secara tidak langsung Mom telah memberi ide-ide baru untuk anak. Melalui cerita, imajinasi anak akan tumbuh dengan sendirinya. 

  1. Sarana berkomunikasi dengan Anak

Bila Si Kecil termasuk anak yang pendiam, Mom bisa menggunakan story telling untuk memancingnya bercerita tentang kegiatannya atau ketidaksukaannya terhadap hal tertentu. Misalnya Mom ingin tahu kenapa si kecil tidak suka wortel. Mama bisa gunakan tokoh wortel untuk bercerita. Manfaatkan kegiatan ini untuk bertanya pada si kecil, “Adek, om wortel ingin tau kenapa adek tidak suka pada om. Apakah karena om pahit?

 

  1. Minat baca anak

Dari mendengarkan cerita dari berbagai buku dan kisah, Si Kecil akan mulai tertarik untuk membaca buku sendiri. Semakin sering berdongeng, maka dapat meningkatkan kemungkinan untuk semakin tumbuh rasa penasaran anak terhadap kisah-kisah menarik serta pengetahuan umum si Kecil.

 

Sumber: mamapapa.id